Dampak penggunaan terhadap teknologi


Dampak Positif

  1. Mempercepat arus informasi
Dampak positif teknologi yang pertama dan utama adalah mempercepat arus informasi. Tak dapat dipungkuri arus informasi memang sangat cepat semenjak adanya teknologi informasi, bahkan bisa dikarakan tak dapat lagi dikontrol. Dengan semua smartphone dan kuota internet, Anda bisa mencari informasi apapun. Serasa dunia berada dalam genggaman tangan.
       2. Mempermudah akses terhadap informasi terbaru

 Dengan banyaknya sosial media yang ada, bisa memperlancar proses komunikasi satu orang dengan orang yang lainnya. Tak perlu lagi mengirim surat ke kantor pos seperti jaman dulu kala. Jika jaman dulu harus menunggu beberapi hari untuk mendapatkan balasan, dengan teknologi jaman sekarang, cukup beberapa detik saja sudah sampai di penerima.

      3.Media sosial

Jika ingin mencari, banyak sekali hiburan yang bisa diakses melalui internet. Buka saja youtube.com, maka Anda akan menemukan berbagai macam aneka macam video. Carilah video yang lucu semacam stand up comedy. Anda juga bisa mendowloadn berbagai macam film dan music jenis apapun. Game online juga tersedia banyak. Tinggal pilih saja.

      4.Membantu individu dalam mencari informasi

Berbagai macam file seperti foto, lagu, maupun dokumen bisa dengan mudah di share melalui internet. Anda bisa berbagi file dengan teman yang berada di luar negerpun sudah bisa. File terkirim dengan cepat hanya hitungan detik saja. Bahkan sekarang Andasudah bisa menyimpan banyak dokumen di internet melalui google drive atau cloud storage. 

     5. Mempunyai Banyak Dampak Positif untuk Penddikan

Di bidang pendidikan, dampak positif teknologi sangat terasa. Materi pelajaran dan semua informasi yang terkait dengannya menjadi mudah untuk didapatkan. Sehingga akan sangat membantu untuk meningkatkan efektivitas untuk setiap siswa dan guru. Adanya laptop juga mempercepat mahasiswa serta guru untuk menyelesaikan semua tugas-tugasnya.

     6. Sebagai Tempat Jual Beli Online

Melalui internet banyak toko online yang menyediakan berbagai macam kebutuhan sehari-hari. Banyak yang senang karena proses belanja menjadi lebih mudah, cepat, dan sangat praktis. Melalui online shop, banyak juga terserap tenaga kerja.

  1. Sharing dan berbagi file

File dan juga dokumen saat ini sudah merupakan kebutuhan dari setiap orang. Baik dari file music ataupun dokumen penting, bisa dibagikan dengan menggunakan internet yang merupakan produk dari teknologi informasi dan juga komunikasi. Setiap user dapat saling membagikan file dan dokumen dengan mudah, bahkan kita saat ini bisa menyimpan file yang kita miliki dengan mudah di dalam cloud storage, atau  media penyimpanan di dalam internet.


Dampak Negatif

Meskipun memiliki banyak dampak positif, akan tetapi ternyata teknologi informasi dan komunikasi memiliki beberapa dampak negatif yang cukup mengganggu kehidupan sehari-hari. Kebanyakan dampak tersebut disebabkan karena penyalahgunaan dari teknologi informasi dan komunikasi, ataupun disebabkan karena kurangnya pemahaman user akan etika dan juga cara untuk menggunakan teknologi informasi dan juga komunkasi dengan baik dan juga benar

Berikut ini adalah beberapa dampak negative dari teknologi informasi dan juga komunikasi:
  1. Individu menjadi malas untuk bersosialisasi secara fisik
  2. Meningkatnya penipuan dan juga kejahatan cyber
  3. Cyber Bullying
  4. Konten negative yang berkembang pesat
  5. Fitnah dan juga pencemaran nama baik secara luas
  6. Menjauhkan yang dekat
  7. Mengabaikan tugas dan juga pekerjaan
  8. Mebuang-buang waktu untuk hal yang tidak berguna
  9. Menurunnya prestasi belajar dan juga kemampuan bekerja seseorang
  10. Pembobolan pin ATM
  11. Pembobolan akun facebook
  12. Kasus penipuan lewat sms 
 






 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perbedaan Teknologi zaman dahulu dan Teknologi zaman sekarang

Mengenal Macam Jenis Tipe Kabel USB dan Versi Kabel USB

Macam Macam Aplikasi Software