Macam Macam Keyboard


1. Keyboard Serial
Keyboard Serial
Jenis keyboard ini menggunakan DIN 5 Male. Fungsi dari keyboard serial ini biasa digunakan atau dipakai oleh komputer-komputer yang berjenis AT. DIN 5 Male ini adalah port pada keyboard serial yang memiliki 5 buah jarum-jarum untuk menghubungkan komputer dengan keyboard.
Untuk port pada keyboard ini cukup berbeda dari port keyboard yang lainnya, dari jenis ukurannya yang cukup besar hingga bentuk kabel yang lebih tebal.
5 Jarum ini nantinya sebagai detektor keyboard aktif, jika salah satu mengalami kerusakan, maka keyboard ini tidak akan bisa digunakan.


2. Keyboard PS/2
Keyboard PS-2
Jenis keyboard ini sama halnya dengan keyboard serial, namun penggunaannya di pakai untuk komputer yang berjenis ATX. Jenis keyboard inilah yang kebanyakan dipakai dan digunakan.
Dalam proses pemasangan pada keyboard ini haruslah secara cermat, sebab port yang dimiliki sangatlah mirip dengan portnya mouse. Sehingga butuh ketelitian untuk menyambungkan port keyboard ini agar dapat tehubung dengan baik.
keyboard PS/2 ini menggunakan plug DIN mini yang berisi 6 jarum sebagai konektor, masing-masing jarum konektor ini memiliki tugasnya masing-masing. Sehingga saling terkait antara jarum satu dengan jarum lainnya.



3. Keyboard Wireless
Keyboard Wireless
Keyboard ini tidak menggunakan kabel untuk berhubung seperti biasanya sesuai dengan nama dari keyboard ini. Jenis koneksi yang digunakan oleh keyboard ini adalah bentuk infrared, Wifi, dan bluethooth.
Untuk menghubungkannya dengan komputer, dibutuhkan sebuah unit pemancar dan penerima.
Unit pemancar itu sendiri biasanya terdapat pada keyboard itu sendiri, sedangkan penerima biasanya di pasang pada port USB atau serial pada SPU. Keyboard ini bisa dipakai oleh semua jenis komputer dan laptop.
Kebanyakan pula, keyboard wireless menjadi salah satu keyboard favorit yang di gunakan karena tidak susah-susah memakai kabel.


5. Keyboard USB
Keyboard USB
Keyboard USB ini banyak pula digunakan oleh semua komputer atau laptop, karena proses pemasangan yang sangat mudah dan simpel. Jenis konektor yang digunakan adalah mempergunakan jenis konektor USB, yang menjamin proses transfer data yang lebih cepat.
Disinilah fungsi port digunakan untuk menyambungkan port USB pada keyboard dengan komputer atau laptop. Keyboard USB saat ini lebih banyak digunakan karena port usb yang lebih mudah bila dibandingkan dengan port dengan jarum-jarum.
Selain rentan akan kerusakan keyboard ini memiliki kabel yang lebih tipis bila dibandingkan dengan versi keyboard sebelumnya.





6. Keyboard QWERTY
keyboard yang paling umum, dan dibuat mengikuti tata letak huruf yang ada di mesin tik.
Keyboard ini di namakan sesuai tombol yang di ambil dari 6 huruf berurutan pada baris huruf pada keyboard tersebut. Keyboard ini di desain sedemikian rupanya sehingga key yang paling sering di tekan terpisah letaknya sejauh mungkin untuk mempermudah pengetikan dan meminimalkan kemacetan pada saat seseorang sedang mengetik (pada mesin ketik mekanik).
Meskipun begitu, 48 persen dari gerakan diantaranya huruf yang berurutan harus dilakukan dengan sebuah tangan. Hanya 32 persen ketukan yang dilakukan pada home row. Contohnya saja huruf “a” yang sering digunakan dan diketik dengan jari kelingking yang lemah. Keyboard QWERTY ini sangat familiar dan dan sudah ada sejak 1973 dan telah menjadi keyboard umum komputer atau laptop. (baca juga: sejarah keyboard qwerty)




7. Keyboard DVORAK



DVORAK
Keyboard ini lahir pada tahun 1932 dan di design sedemikian rupa sehingga tangan kanan lebih aktif daripada tangan kiri. Tata letak nya juga di design agar pengguna lebih nyaman saat mengetik. Menurut penelitian, keyboard DVORAK lebih efisien 10-15% dari pada keyboard QWERTY.

8. Keyboard KLOCKENBERG
Keyboard ini dibuat dengan maksud untuk menyempurnakan keyboard jenis yang lama, dengan ada nya pemisahan antara bagian kiri dan kanan dengan sudut 15 derajat, dan di design miring ke bawah. Keyboard ini memiliki jarak anatar tombol yang lebih dekat dibanding keyboard yang lain.

9. Keyboard MALTRON
Keyboard MALTRON tidak berbentuk datar melainkan sedikit cekung ke bagian dalam. Karena pada saat jari-jari mengetik tidak membentuk garis lurus melainkan sedikit cekung. Kenyamanan dan kecepatan dalam mengetik ada di Keyboard MALTRON karena nyaman dan tidak menimbulkan rasa sakit.

10. Keyboard CHORD
 
Keyboard jenis CHORD yang satu ini sangat kurang popular karena cara kerjanya mengandalkan beberapa tombol yang harus di tekan secara bersamaan sehingga cepat membuat lelah pada tangan kita, ya walaupun kecepatan pada Jenis Keyboard ini lumayan cepat dan sangat Komplitable dengan Program yang portable atau tidak perlu di install , ukuran dari pada keyboad ini sperti panjang tapi dia cekung atau mudahnya Compac.

11. Keyboard ALPHABETIC
Bila dilihat sepintas, maka keyboard ini mirip dengan Keyboard QWERTY dan DVORAK, tetapi bila diamati keyboard ini memiliki tata letak yang berbeda, yaitu susunan huruf berurutan seperti alphabet. Biasanya keyboard ini digunakan sebagai mainan anak-anak, dan memperlambat kecepatan bagi tukang ketik.

12. Keyboard NUMERIC
Keyboard ini sengaja memasukan bilangan yang lebih besar dan cocok untuk pengguna tombol numerik, dengan letak tombol yang dapat di jangkau dengan mudah.

13. Keyboard Stenotype


Steno adalah jenis tulisan singkat yang sering digunakan untuk mencatat ucapan seorang. Jenis tulisan ini paling banyak digunakan oleh para wartawan untuk mencatat hasil wawancaranya dengan lebih cepat. Papan ketik Stenotype mempunyai keunggulan yang hampir sama dengan papan ketik Palantype.

14. Keyboard Palantype


Tata letak palantype mempunyai 3 kelompok karakter. Kelompok pada bagian kiri menunjukkan konsonan awal sebuuah kata, bagian tengah menunjukkan kelompok vokal dan bagian kanan menunjukkan kelompok konsonan terakhir dari sebuah kata atau suku kata.Pada gambar terlihat bahwa tidak seluruh konsonan ada disana, konsonan tsb dapat disajikan dengan menggunakan kombinasi beberapa tombol yang ada.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perbedaan Teknologi zaman dahulu dan Teknologi zaman sekarang

Mengenal Macam Jenis Tipe Kabel USB dan Versi Kabel USB

Macam Macam Aplikasi Software